Apa Itu C Stand dan Apa Saja Kegunaannya?

Apa yang terlintas dipikiranmu jika ditanyakan alat apa yang paling serbaguna dalam satu set saat shooting? Sebagian besar filmmaker dan crew grip mungkin akan menjawab dengan jawaban yang sama yaitu C-Stand. C-stand adalah alat yang dapat memengaruhi kualitas sebuah video dan film serta keamanan dalam suatu set. Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu C-Stand dan apa saja kegunaannya.

Pertama, mari kita definisikan C-Stand

C-Stand adalah alat sebaguna yang memiliki berbagai macam ukuran dan mekanisme penguncian, umumnya C-Stand memiliki bagian dasar yang sama dan dapat digunakan dalam banyak cara.

Apa itu C-stand?

C-Stand adalah dudukan logam yang dirancang untuk menempatkan lampu, kain silk, cutter light, background, dan alat lainnya pada satu set. C-Stand adalah singkatan dari dari Century Stand karena pada awalnya digunakan dipembuatan film untuk menopang reflektor matahari yang berukuran 100 persegi yang dikenal sebagai Centuries. C-stand terdiri dari alas dengan tiga kaki, dua tiang ekstensi yang dapat dipanjangkan keatas, kepala gobo, dan lengan gobo yang menempel pada kepala hobo. C-Stands adalah salah satu alat paling serbaguna dalam suatu set dan merupakan teman terbaik untuk grip.

Kegunaan C-Stand

Para pembuat film telah menggunakannya dalam banyak cara. Tapi di sini kami memiliki alasan paling mendasar mengapa seseorang menggunakan C-Stand di lokasi syuting.

  1. Untuk Cutter Light

Hal yang paling umum C-Stand biasanya digunakan sebagai dudukan untuk menopang cutter light/flags yang berfungsi sebagai alat untuk memodifikasi pencahayaan saat syuting.

  1. Untuk Menggantung Lampu

Lampu dapat diperpanjang overhead dari satu set atau subjek dengan menggunakan C-Stand. Catatan Penting untuk melakukannya dengan menghitung bobot lampu yang dapat ditopang oleh dudukan.

Baca Juga : Mengenal Teknik Dasar 3 Titik Pencahayaan

  1. Untuk Diffusion

Dua C-Stands dapat digunakan bersama-sama untuk mencengkeram kedua sisi grid difusi atau silk yang lebih besar.

  1. Untuk Background

Penggunaan umum lainnya dalam pembuatan film atau video dengan anggaran kecil adalah menggunakan dua C-Stands yang disatukan dengan pipa untuk menggantungkan green screen atau bahan lain sebagai background saat pengambilan gambar.

Baca Juga :  5 Teknik Shooting Video Menggunakan Green Screen

  1. Untuk Stand boom-mic

Jika kamu melakukan wawancara stasioner, kamu dapat menggunakan C-Stand sebagai alat pembantu untuk memposisikan tiang boommic agar dapat menangkap audio dengan lebih jelas. Hal ini sangat membantu jika kamu kekurangan crew untuk memegang boom-mic saat produksi.

Semoga artikel di atas bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kamu seputar dunia perfilman. See yaa…

Baca Juga : 10 Istilah Dalam Produksi Video dan Film Yang Wajib Kamu Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published.