Blog

Sakit Punggung Seperti Teman Sejati Editor!

22 Views0 Comment

Sebagai seorang yang bekerja dalam waktu lama duduk di depan computer sering kali memunculkan berbagai masalah kesehatan terutama pada punggung. Sebagai seorang yang memang selalu memakan waktu lama untuk duduk didepan computer tidak terkecuali seorang editor video yang memang dasarnya sudah biasa menghabiskan banyak waktunya untuk duduk berlama-lama di depan computer. Seringkali sakit punggung sangat terasa mengganggu konsentrasi yang di karenakan duduk terlalu lama, nah disini eps production mau bagi-bagi tips kekamu untuk mengatasi nyeri punggung akibat terlalu lama duduk yuk di simak.

Sakit punggung seperti teman sejati editor!

  1. Menyesuaikan kursi

Kursi kerjamu harus stabil. Sesuaikan tinggi kursimu dengan posisi kamu saat bekerja, dan sandaran belakang kursi harus dapat diatur ketinggiannya dan juga kemiringannya. Hal ini disebut sebagai ergonomi, yaitu studi mengenai peralatan dan perangkat yang dirancang sesuai dengan tubuh dan gerakan manusia. Berikut adalah posisi yang sesuai dengan konsep ergonomi, yaitu:

  • Pastikan bagian punggung bawah (lumbar tulang belakang) kamu melengkung maju secara alami. Ini di karenakan sangat penting untuk mengurangi tekanan pada punggungmu. Banyak kursi ergonomis yang dirancang memiliki dukungan lumbar untuk mempertahankan kurva tulang belakang. Jika kursi Kamu tidak memilikinya, Kamu dapat menggunakan bantal pendukung lumbar dan meletakkannya di belakang punggung Kamu. Jika Kamu juga tidak memilikinya, Kamu dapat duduk ke depan di kursi Kamu, sehingga Kamu dapat membiarkan tulang belakang jatuh secara alami pada kurva.
  • Sesuaikan tinggi kursi dan meja Kamu. Tinggi meja yang sesuai seharusnya memungkinkan lengan Kamu untuk beristirahat dengan nyaman pada sudut 90°. Pergelangan tangan Kamu harus tidak lebih tinggi dari siku. Bagian atas layar komputer Kamu juga harus berada pada tingkat mata atau sedikit di bawahnya.
  • Taruh telapak kaki Kamu dengan rata di lantai dan punggung Kamu terhadap kursi. Bahu harus santai dan tidak bungkuk.
  1. Meregangkan punggung

Bangkitlah dari kursi dan regangkan tubuh setiap 30-60 menit. Duduk untuk waktu yang lama dapat memberikan tekanan pada cakram tulang belakang dan melemahkan otot-otot yang mendukung punggung Kamu. “Berjalan selama beberapa detik dan meregangkan punggung ke depan cukup untuk mengimbangi efek negatif dari duduk,” sahut Donald R. Murphy, seorang asisten dosen klinis di Alpert Medical School of Brown University.

Kamu juga dapat berdiri dan menempatkan tangan Kamu di punggung bawah Kamu. Kemudian, dorong pinggul Kamu secara perlahan ke depan dengan sedikit melengkungkan punggung Kamu. Ini akan melepaskan tekanan pada cakram. Jika Kamu ingin melakukan beberapa variasi lainnya, Kamu dapat melakukan posisi “kobra”, di mana Kamu berbaring di perut dan menekan tangan Kamu ke lantai, sehingga hanya bagian dada yang terangkat ke atas. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan posisi kobra 15 kali sehari dapat mengurangi kemungkinan sakit punggung di masa depan.

  1. Beristirahat

Hanya dengan bangun dari kursi, Kamu dapat membantu tubuh untuk memutus siklus otot yang tegang. “Kami merekomendasikan untuk mengambil banyak istirahat kecil untuk mengendurkan otot dan mengurangi stres,” kata Erik Peper, seorang dosen di Institute for Holistic Health Studies di San Francisco State University. Jatuhkan tangan Kamu ke pangkuan Kamu atau menaikkan dan menjatuhkan bahu Kamu untuk beberapa detik setiap beberapa menit.

  1. Memperkuat otot inti (core muscle)

Untuk membantu tubuh Kamu mengatasi nyeri punggung akibat duduk, maka lakukanlah latihan inti seperti Pilates untuk memperkuat otot-otot inti Kamu. Latihan inti dapat melatih otot Kamu untuk bekerja lebih efisien melawan efek negatif dari duduk. Selain melakukan latihan khusus untuk punggung, Kamu dapat melakukan latihan aerobik secara teratur untuk menangkal nyeri punggung.

Secara umum, pengobatan terbaik nyeri punggung akibat duduk terlalu lama adalah dengan tetap aktif, dan jika perlu menggunakan obat penghilang rasa sakit. Semakin Kamu tidak bergerak, semakin lemah otot punggung Kamu, dan mereka akan terluka dalam jangka panjang. Untuk sakit punggung yang berlangsung lebih dari enam minggu, pengobatan biasanya melibatkan kombinasi dari obat penghilang rasa sakit, akupuntur, olahraga, atau terapi manual.

Baca juga: Udah Tau Belum Apa Aja Sih Peran Penting Video Dalam Bisnis?

Kamu Editor? Ini Spesifikasi PC Yang Kamu Butuhkan Untuk Menunjang Pekerjaan Kamu

Leave your thought

Need Help? Chat with us